Blog Fawzya.Net
Author Fawzia Aswin Nugraha     Category Blog

Biasanya server yang bersifat penting, misalnya server kantor, sekolah, mining.dll seringkali menjadi sasaran orang orang jahil (h*ck3r) untuk diambil alih bahkan disalahgunakan. Perlu dipahami bahwa system kemanan windows kurang baik, seringkali user mendapatkan  beberapa masalah misalnya password tiba tiba berubah dan ada laporan abuse meskipun tidak melakukan kesalahan yang di sengaja. Ternyata masalah tersebut akibat server di hack.

Mau VPS Windows Murah tapi Mantap ? silahkan cek http://fawzya.net/vps-windows

Cara mengganti Port RDP pada VPS Windows biar amanPort standar rdp adalah 3389, ini sudah sangat dikenal dan menjadi tujuan utama hacker untuk masuk ke server. Misalnya dengan metode brute force login ataupun trik lainnya untuk membobol password agar bisa masuk. Bisa dikatakan port ini adalah gerbangnya RDP. Tujuan penggantian port ini adalah untuk meningkatkan keamanan.

Tutorial Cara mengganti Port RDP dengan Penjelasan lengkap

  1. Silahakan login ke RDP seperti biasanya.
  2. Masuk ke windows firewall untuk menambahkan Port barunya. Ini perlu dilakuka agar port baru tidak terblokir aksesnya. Silahkan klik start, ketik firewall. Lalu klik windows firewall with advanced security
    Cara mengganti Port RDP pada VPS Windows biar aman
  3. Klik menu inbound rules, klik kanan pilih new rule…
    Cara mengganti Port RDP pada VPS Windows biar aman
  4. Untuk Rule type silahkan pilih port
  5. Untuk protocol and port pilih TCP, lalu klik specific local port dan masukan port yang ingin anda jadikan sebagai port baru. Contoh: 2020
    Cara mengganti Port RDP pada VPS Windows biar aman
  6. Untuk Action harus pilih Allow Connection, lalu klik next, untuk profile di centang semua, next untuk name bebas diisi apa saja. Terakhir klik finish dan berhasil ditambahkan ke daftar inbound rulesnya
  7. Lanjut ke tahap edit registry. Pada proses inilah yang bertujuan untuk merubah port default sesuai dengan port yang sebelumnya ditambahkan ke windows firewall. Silahkan klik start, lalu ketik “regedit” agar bisa masuk ke registry editor.
    Cara mengganti Port RDP pada VPS Windows biar aman
  8. Silahkan klik > HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > Terminal Server > WinStations > RDP-Tcp
    Cara mengganti Port RDP pada VPS Windows biar aman
    pada bagian port number klik modify
  9. Disinilah letak settingan port RDP. Klik decimal maka akan muncul port defaultnya yaitu 3389.
    Cara mengganti Port RDP pada VPS Windows biar aman
    Silahkan ganti Value dengan port pilihan anda yang sebelumnya telah ditambahkan di windows firewall. Klik OK
  10. Silahkan restart servernya agar port baru bisa digunakan

Apabila semua proses sudah dilakukan dengan baik. Silahkan buka remote desktop connection untuk test dengan cara ketik host: IP:PORT. Contoh bisa dilihat dibawah ini.
Cara mengganti Port RDP pada VPS Windows biar aman

Sekian tutorial Cara mengganti Port RDP dari kami semoga dapat membantu. Perlu dipahami cara ini tidak akan menjamin server anda selalu aman dari serangan hacker, namun setidaknya cara ini dapat mempersulit aksi tersebut. Jika anda butuh VPS windows yang legal (bisa diperpanjang) dan jaminan akses cepat dan selalu stabil, jangan lupa cek daftar VPS((fawzya.net/vpsserver))).

Untuk Tutorial Cara mengganti Port RDP dalam bentuk video YOUTUBE, silahkan klik disini.

    Keyword: Tags , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.