Blog Fawzya.Net
Author Fawzia Aswin Nugraha     Category Blog

Apa itu RDP?
Pengertian Remote Desktop Protocol/RDP Adalah sebuah komputer dengan peforma tinggi dan akses internet cepat yang di sewakan secara berlangganan.


apa itu rdp dan cara kerjanya

Apa yang dimaksud “Remote Komputer”?
Remote Komputer adalah proses menjalankan program dan aplikasi pada komputer lain secara online dari lokasi kita berada atau dari manapun.
Contoh :
Saat ini anda berada di Magelang, Pada saat itu anda telah memiliki Komputer berada di Singapore (Online 24 Jam). Anda bisa mengakses dan menjalankan aplikasi di dalam Komputer tersebut, dari indonesia dengan memakai Protocol RDP.

Bagaimana cara login RDP?
Tutorial cara menggunakan RDP di PC anda bisa menggunakan Aplikasi Remote Desktop Connection yang sudah terinstall di semua windows, anda bisa mengikuti tutorial dengan cara klik disini. Apabila anda menggunakan Android silahkan install RD Client, klik disini untuk tutorialnya.

Apa Kelebihan RDP?
RDP bisa dipakai untuk menghandel banyak program tanpa harus menyalakan komputer anda selama 24 jam penuh, beberapa kelebihan rdp yaitu :

  1. Online Selama 24 Jam nonstop.
  2. Bisa diakses kapanpun dan dimanapun menggunakan PC, Laptop, Smartphone, Tablet dan lain lain.
  3. Mempermudah anda dalam menjalankan aplikasi secara real time 24 jam (Seperti BOT)
  4. Saat komputer/pc kita dimatikan, maka rdp tidak akan mati dan terganggu, Akun RDP akan tetap online 24 jam sesuai dengan servernya.
  5. Memiliki jaringan internet upto 1 Gbps (cocok untuk anda yang mempunyai blog download, digunakan untuk melakukan reupload).
  6. Unlimited Traffic/Quota (ketika anda menggunakan RDP, maka internet, harddisk, quota/traffic secara langsung menggunakan resource dari server RDP)
  7. Bisa digunakan untuk menjalankan program-program berat (anda bisa memilih spesifikasi yang cocok)

apa itu rdp speedtest

Beberapa hal yang sering ditanyakan oleh pemula mengenai apa itu RDP

  1. Apakah dengan menggunakan RDP bisa membuat internet gratis selamanya?
    Tidak, sesungguhnya Internet gratis hanyalah trik yang memanfaatkan celah operator. Sehingga hal ini tidak bisa diperjual belikan dan tidak ada kaitannya dengan rdp
  2. Internet saya lambat, saya mau membeli RDP agar speed internet saya lebih cepat, seperti kilat, download file bergiga-giga hanya dalam waktu singkat, bisakah?
    Tidak, Penggunaan RDP tidak akan memepercepat jaringan internet yang anda gunakan.
  3. Tapi mengapa kecepatan RDP bisa mencapai lebih dari 900Mbps?
    Saat anda menggunkan aplikasi di dalam rdp akan terasa cepat, karena server RDP memiliki jaringan berkecepatan tinggi dan selalu stabil
  4. Terus agar internet saya cepat bagaimana?
    Sesungguhnya yang bisa mempercepat koneksi internet hanyalah kualitas sinyal dan jaringan provider yang anda gunakan.
  5. Saya Hobby Download, Jika saya Menggunakan RDP apakah kuota saya akan terpotong sebesar file yang download pada server RDP?
    Tidak, Saat anda melakukan download pada server RDP, semua proses yang berjalan pada RDP akan menggunakan resource RDP, misalnya anda download file 100GB, maka kuota anda hanya digunakan untuk mengakses server RDP saja (seperti saat anda mengakses facebook). Dan semua data yang anda download di server RDP akan di simpan pada penyimpanan server RDP juga.
  6. Terus, bagaimana caranya data yang saya download pada server RDP bisa dipindahkan ke “Komputer/Laptop/HP” Saya…???
    Anda bisa melakukan transfer file dari server RDP ke “Komputer/Laptop/HP” Anda menggunakan FTP (File Transfer Protocol) via IDM atau FileZilla.
  7. Kenapa harus di download lagi? berarti kuota saya terpotong dong jika saya download ulang file tersebut dari server RDP ke “Komputer/Laptop/HP” Saya?
    ya memang begitu, saat anda mendownload file dari server RDP ke “Komputer/Laptop/HP” Anda, maka akan terjandi pengiriman data melalui jaringan internet. Jadi sama saja dengan mendownload ulang
  8. Bisakah memindahkan file dari server RDP ke “Komputer/Laptop/HP” saya tanpa melalui proses download?
    Perlu anda pahami kembali apa itu RDP, bahwa fungsi Remote Desktop adalah untuk me-remote computer saja, tentu saja anda dapat  memindahkan file tersebut tanpa harus download file-nya. Jika anda bisa datang ke tempat server RDP tersebut diletakan.
    misalnya saja anda mempunyai RDP  yang berada di Amerika maka anda datang ke amerika di lokasi datacenter untuk mengakses server RDP secara langsung (hal ini tentu saja tidak akan efektif, itupun jika anda diijinkan untuk  mengakses hardware secara langsung).
    Jadi Kesimpulannya : Tidak Bisa, Anda harus mendownload file tersebut jika ingin memindahkan data dari server RDP ke “Komputer/Laptop/HP” Anda.
  9. Untuk koneksi internet bisakah menggunakan Modem/Theatering dari HP/Wifi/ dll apakah tidak akan bermasalah..??
    Seperti biasa saat anda menggunakan internet, semua jenis jaringan yang terhubung ke internet bisa login ke akun RDP kapan saja dan dimana saja.
  10. Terus, Apakah Bisa Streaming di RDP?
    Bisa, tapi anda mungkin tidak bisa mendengarkan suara. Anda harus menginstall driver audio terlebih dahulu.
  11. Kok saya streaming gambarnya Patah-Patah?
    Apakah internet anda stabil? Remote RDP tidak membutuhkan koneksi yang kencang, hanya butuh koneksi yang stabil.
  12. Internet saya cepet kok, tapi kok masih patah-patah saat streaming?
    Perlu dicatat bahwa dalam RDP, semua VIDEO yang diputar akan di encoding (diproses) oleh Remote Desktop Connection agar bisa ditampilkan pada Perangkat anda, proses ini tentu membutuhkan waktu dan kestabilan internet, ini membuat gambar terlihat patah-patah karena proses ke pc anda melambat.

Sekian penjelasan mengenai Apa itu RDP. anda ingin mencoba menggunakan rdp silahkan klik disini.

    Keyword: Tags , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.