Blog Fawzya.Net
Author Fawzia Aswin Nugraha     Category Blog, Centos, VPS

Cpanel merupankan salah satu panel hosting terbaik, sehingga cpanel ini sering digunakan oleh penjual hosting untuk memanage servernya. Cpanel memiliki banyak Fitur yang hebat sehingga Cpanel ini merupankan Panel hosting berbayar. Fitur yang diberikan tersebut diantaranya seperti DNS Functions, Resellers, Service Configuration, SQL Services, Backup, Email dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang sangat bermanfaat untuk webhosting.

Kami sendiri juga telah menggunakan Panel Hosting ini untuk berjualan di Fawzya.Net karena kehebatannya. dengan menggunakan cpanel maka hosting kami dapat berjalan dengan baik. untuk mendapatkan lisensi Cpanel tersedia harga mulai 200rb perbulan, bisa order lisensi disini. bagi yang ingin mencoba cpanel, pihak Cpanel akan memberikan Trial 15 hari.

Cara menginstall Cpanel dan WHM di VPS CentOS ini sangatlah mudah. Tetapi anda harus memperhatikan persyaratan sebelum menginstall berikut ini :

  • Minimal RAM 512 MB, Processor 266 MHz dan 20 GB Hard Disk. Direkomendasikan RAM diatas 1 GB dan Hard disk diatas 40 GB.
  • Sebaiknya gunakan OS Centos 64 bit.
  • Direkomendasikan untuk menginstall Cpanel di VPS yang fresh atau baru melakukan install ulang.
  • Koneksi internet anda harus stabil, tidak terputus putus, karena installasi membutuhkan waktu berjam jam.

jika persyaratan tersebut di atas sudah terpenuhi, Berikut tutorial cara menginstall Cpanel

  1. Silahkan anda login ke VPS anda dengan SSH Client seperti putty atau yang lainnya seperti biasa.
  2. Sebelum install cpanel, silahkan anda matikan firewall VPS anda terlebih dahulu :
  3. chkconfig iptables off

service iptables stop

  1. Lakukan update pada VPS anda :

yum update

  1. Pastikan bahwa anda sudah menginstal perl. Jika belum silahkan anda install dengan command :

yum install perl

  1. Langkah berikutnya silahkan pindah ke direktori home untuk menyimpan installer Cpanel yang akan anda download nantinya.

cd /home

  1. Download Cpanel installer.

wget -N http://httpupdate.canel.net/latest

Pastikan anda sudah menginstall wget. Jika ternyata belum, silahkan anda install wget terlebih dahulu :

yum install wget

  1. Sekarang saatnya eksekusi installer tadi untuk melakukan instalasi Cpanel di VPS Centos anda :

sh latest

 

Installasi Cpanel membutuhkan waktu yang lama, hingga berjam jam. hal ini di sebabkan karena Cpanel memiliki Banyak Fitur yang luar biasa. untuk itu pastikan koneksi internet anda stabil hingga installasi selesai.

Jika proses installasi VPS Anda sudah selesai maka silahkan buka browser dan masuk ke https://IPVPS:2087 atau https://domainanda.com:2087 di browser anda tersebut, kemudian masukan username dan password root VPS anda. setelah itu anda akan di arahkan untuk melakukan pengaturan lebih lanjut seperti name server, quote, email.dll.

Perlu diingat, untuk VPS baru CPanel memberikan trial 15 hari. setelah itu maka anda diharuskan untuk membeli lisensi cpanel untuk dapat terus menikmati layanan CPanel. bagi yang ingin membeli lisensi cpanel silahkan kunjungi www.fawzya.net

 

Install CPanel/WHM – untuk Manage Webhosting VPS Centos

    Keyword: Tags

Comments are closed.