Press Release

Cara Install VNC untuk Remote Desktop di VPS Debian

Sep 14, 2016   //   by Fawzia Aswin Nugraha   //   Blog, Debian, VPS  //  No Comments

Install VNC sangat penting dilakukan di vps linux mengingat VPS linux ini tidak seperti VPS windows yang dapat diremote dengan Remote Desktop Protocol untuk menjalankan tampilan desktop. Karena untuk mengolah vps linux sebenarnya kita cukup menggunakan terminal kita sudah dapat menginstall banyak aplikasi secara lengkap. Misalnya untuk setup webhosting, jualan ssh dan lainnya tanpa harus melalui desktop. Tapi bagaimana jika ingin mengakses desktop ?, untuk itu saya akan menyediakan tutorial installasinya

VPS MURAH dengan Installasi SSH/OpenVPN, Hosting, VNC, Cpanel dan Script Lengkap hanya disini

Install VNC vnc-viewer-14-09-2016Banyak tutorial cara install VNC diinternet ini tetapi tidak banyak pula yang gagal karena cara installasinya yang salah. Bahkan sampai ada yang membuka jasa installasi VNC karena banyak orang yang belum berhasil atau tidak bisa menginstall di VPS debian. untuk itu saya akan berbagi tutorial cara installasi vnc server debian 7 semudah mungkin. Untuk aplikasi yang akan saya install di server adalah VNC server yang akan kita remote menggunakan software VNC Viewer.

Cara Install VNC GNOME Desktop Debian 7

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pembaruan (update) debian 7nya. tujuannya adalah agar terpasang semua aplikasi terbaru diserver sehingga nantinya tidak akan bentrok dengan Script GNOMEnya. silahkan ikuti perintah berikut ini:
    apt-get update
    apt-get upgrade
  2. Install Aplikasi Grafik Desktopnya. Saya sangat merekomendasikan GNOME sebagai desktop untuk debian 7. Ketik command berikut ini:
    apt-get install gnome

    Sebagai pelengkap untuk menampilkan Font Font Display yang akan ditampilkan dilayar monitor vnc kita perlu menginstall beberapa script dengan memasukan perintah dibawah ini
    apt-get install xfonts-100dpi xfonts-100dpi-transcoded xfonts-75dpi xfonts-75dpi-transcoded xfonts-base
  3. Saatnya menginstall TightVNCserver. Saya lebih memilih TightVNCserver karena script yang digunakan tidak terlalu rumit dan lebih cepat diinstall. untuk menginstall ketik perintah ini:
    apt-get install tightvncserver
  4. Jika sudah terinstall, tiba saatnya untuk membuat password vnc yang akan digunakan untuk login menggunakan vnc viewer
    tightvncserver :1
  5. Gunakan Perintah berikut untuk mematikan VNC agar dapat melakukan pengaturan konfigurasi.
    tightvncserver -kill :1
  6. Untuk melakukan konfigurasi, silahkan edit file dengan perintah ini:
    nano ~/.vnc/xstartup
  7. Ganti Scriptnya dengan script berikut
    #!/bin/sh
    xrdb $HOME/.Xresources
    xsetroot -solid grey
    x-terminal-emulator -geometry 80x24+10+10 -ls -title "$VNCDESKTOP Desktop" &
    # x-window-manager &
    gnome-session &
    Jika sudah diedit untuk menyimpan ketik CTRL+X lalu enter
  8. Konfigurasi selesai, silahkan jalankan VNC dengan mengetik
    tightvncserver -geometry 1024x720 :1

Cukup sampai disini untuk meng Install VNC, Silahkan login dengan software VNC Viewer dengan memasukan IPVPS:1 lalu masukan passwordnya. Jika anda masih tetap gagal kami menyediakan VPS server dengan bonus jasa installasi VNC Server disini.

Komentar

comments

Comments are closed.