Blog Fawzya.Net
Author Fawzia Aswin Nugraha     Category Blog, Centos, toko online, VPS, Website

Mengatasi Koneksi Database MySQL Sering terputus di Webuzo saya pelajari pada saat pertama kali website Fawzya.Net ini menggunakan Webuzo. Saat itu saya menggunakan VPS SGDO dengan Ram 512MB yang juga kami jual disini. Saat itu saya mencoba webuzo dengan lisensi premium, yang kami jual seharga 50rb perbulan dan menginstallnya sesuai tutorial yang ada. Pada awalnya website saya normal normal saja, tapi saya agak heran kenapa website lebih lambat dari sebelumnya, bahkan beberapa menit kemudian website tidak bisa diakses karena database terputus atau error. Munculah pesan “Error Establishing a Database Connection”.

Error Establishing a Database Connection Mengatasi Koneksi Database MySQL Sering terputusSaya sempat heran sekali dengan masalah diatas karena setelah saya cek file file website beserta databasenya semuanya tidak ada yang error sama sekali diserver lama. Munculah pertanya pertayaan apakah server saya tidak mampu menampung visitor tersebut, apakah ada masalah pada mysql, apakah saya memerlukan upgrade server. Sayapun mencoba googling saja, dan menemukan salah satu postingan milik hardinal.com yang cukup membantu saya menyelesaikan masalah Mengatasi Koneksi Database MySQL Sering terputus di Webuzo.

>>Jual VPS Server mulai 50rb perbulan

Berdasarkan informasi yang saya dapat bahwa dalam menggunakan webuzo ini diperlukan memory SWAP, yaitu memory tambahan yang diambil dari Penyimpanan Hardisk untuk membantu kinerja ram yang berlebih. Sayapun mencoba untuk mengecek Log penyebab kesalahan (error) log pada MySQLnya dengan cara mengetik:

tail -f /var/log/mysqld.log

webuzo-mysql-error-log Mengatasi Koneksi Database MySQL Sering terputus
dan ternyata memang benar, memory swapnya yang tidak cukup.

Cara membuat Vswap untuk Mengatasi Koneksi Database MySQL Sering terputus di Webuzo

Setelah mengecek penyebab masalah matinya mysql akhirnya sayapun mencoba untuk membuat memory tambahan atau swap, yaitu dengan menggunakan sisa hardisk yang tersedia.

  1. Untuk menentukan ukuran vswap, maka diperlukan kapasitas dua kali lipat dari ramnya. Misalnya disini saya menggunakan ram 512MB, maka saya dapat membuat vswap dengan ukuran 1024MB atau 1GB dengan cara ketik :
    dd if=/dev/zero of=/swap.file bs=1024 count=1024k
    Tunggu hingga proses copy selesai.
    Oh ya Untuk mendapatkan VPS Ram 512Mb yang berkualitas silahkan klik disini.
  2. Lalu ketik :
    mkswap /swap.file
  3. kemudian ketik:
    mkswap /swap.file
  4. Lalu edit file konfigurasi nya dengan cara ketik :
    nano /etc/fstab
    lalu masukan kode berikut dibaris paling bawah:
    /swap.file none swap sw 0 0
    Setelah itu save lalu exit

Sekarang pembuatan vswap sudah selesai. Untuk mengecek berhasil atau tidaknya dalam membuat vswap bisa dilakukan dengan cara ketik: free -m
free-m-linux-command Mengatasi Koneksi Database MySQL Sering terputusdisitu sudah tertulis swap yang berhasil dibuat 1023Mb walaupun yang saya buat 1024. Setelah saya menambah swap ini terbukti sampai sekarang Mysql tidak pernah bermasalah. Semoga anda juga berhasil. Jika memerlukan VPS yang cocok untuk webuzo silahkan klik disini, atau jika anda membutuhkan lisensi webuzo premium bisa klik disini.

    Keyword: Tags , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.